Home » Personal

GOGGLES atau Googles…?

23 October 2008 No Comment

Coba bayangkan, Jumat sore, sehabis kerja Anda langsung menuju café favorit bersama teman-teman sekedar untuk santai.., ternyata ada salah satu teman Anda berulang tahun. Beberapa gelas bir atau cocktail Anda teguk dengan cerianya…sampai waktunya pulang.

Sesampainya di rumah, Anda masih menyempatkan diri untuk mandi air hangat dan ternyata Anda “merasa” tidak terlalu mabuk. Anda iseng-iseng menyalakan laptop Anda untuk mengecek email Anda, dan ternyata ada email dari mantan Anda, atau Boss Anda, atau dari seseorang yang benar-benar menyebalkan.  Dan…inilah awal dari bencana…..

Jika Anda tipe yang emosional dan  terkadang menyesali apa yang Anda perbuat di pagi harinya, jangan kuatir. Sekarang Google telah “melahirkan” andalan barunya….”Mail GOGGLES”.   Ya…ya…Anda tidak sedang mabuk sekarang…ejaannya benar, Goggle, bukan Google. Ini adalah produk terbaru Google yang sedang dalam tahap uji coba. Goggles dapat Anda temui di Gmail.

Anda dapat mengatur Mail Goggles setiap saat Anda inginkan, terutama pada jam-jam “rawan” seperti setelah “happy hour”, weekend atau lewat tengah malam. Mail Goggles setia setiap saat 24/7. Fitur ini mengharuskan Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan matematika dasar sebelum Anda dapat mengirim suatu email. Jika Goggle menganggap logika Anda “cukup”, barulah Gmail akan mengirimkan pesan Anda, dan Anda tidak pernah akan menyesal di pagi harinya.

Secara sederhana, jika Anda bisa mengalikan 5 dan 9 dengan benar, Mail Goggles benar-benar akan menyelamatkan Anda dari ketidaknyamanan.

Bagaimana mengaktifkan Goggles?

Buka account Gmail Anda, klik “settings” di kanan atas, set parameter “Mail Goggles” termasuk waktu dan hari yang Anda inginkan Goggles bekerja untuk Anda. Atur tingkat kesukaran pertannyaan, kemudian “save changes”. Akhiri dengan klik “Labs”, pastikan mail goggles Anda sudah di “enable”.Mudah bukan?

Engineer dari Google, John Perlow, designer Mail Goggles, menciptakan fitur ini berdasarkan pengalaman pribadinya. Saya yakin semua orang memiliki kelemahan masing-masing, terutama jika berada pada tingkat emosional dan logika yang tidak terkontrol.

”Kadang-kadang saya mengirim email yang tidak seharusnya saya kirim. Seperti ketika saya memohon mantan pacar saya untuk kembali bersama-sama lagi” ujar John ketika memperkenalkan Mail Goggles di blog resmi Google.

Nama Goggle diambil dari istilah slang “beer goggles” yang artinya minum terlalu banyak alkohol, sehingga Anda terlalu mabuk tidak terkontrol.

Sekarang dengan bantuan Mail Goggles, Anda benar-benar terlindungi dari kesalahan mengirim email dimana Anda sedang tidak stabil secara emosi dan logika, atau kadang-kadang setelah menonton Pocong atau Suster Ngesot :-)

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.