Home » Internet Marketing

Bisnis Online – Manfaatkan Internet Untuk Bisnis “Biasa” Anda

25 August 2009 3 Comments

Bisnis Online – belakangan ini kita sering mendengar kata-kata ini, apalagi setelah Saykoji menyanyikan RBT nya “online” untuk salah satu operator selular. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan “bisnis online” ini? Untuk sebagian orang, bisnis online adalah bisnis yang benar-benar dilakukan secara online seperti para affiliate marketer Clickbank, Paydotcom.com dan lainnya.

Para blogger juga bisa “memiliki” bisnis online sendiri dengan menjual space iklan di blognya, terutama yang blognya ramai dikunjungi orang. Belakangan ini dunia corporate “besar” seperti Group Kompas (kompas.com), Group Bakrie (vivanews.com), Group Lippo, Group First Media juga mulai melirik “bisnis online” ini dengan membuat portal portal raksasa yang secara tidak langsung mengeroyok si jago tua Detik.com

Bisnis online memang sangat dahsyat! Saya sendiri merasakannya beberapa hari ini. Saya “iseng-iseng” mencoba beriklan di salah satu portal besar dengan harga hanya 3% dari biaya yang saya keluarkan untuk memasang iklan di salah satu surat kabar terkemuka. Hasilnya….?  Saya mendapat kunjungan ke website saya 900 kunjungan atau naik 4,5 lipat dari kunjungan jika memasang iklan di koran. Dahsyat bukan?

Belum puas dengan ini saya iseng menyarankan salah satu klien saya untuk memasang iklan di Facebook untuk salah satu produknya. Klien ini biasa menghabiskan waktu sekitar Rp. 12 juta  per hari untuk memasang iklan di surat kabar terkemuka dan mendapat sekitar 150 klik. Hasil dari iklan Facebook…? Klien ini membudgetkan Rp. 300,000 per hari dan mendapatkan kunjungan 400 klik ke websitenya!!!!

Biaya  hanya 2,5% dari biasa, namun hasil meningkat lebih dari 2 kali…!

Inti yang saya ingin sampaikan adalah…Hampir semua bisnis biasa, bisnis konvensional dapat anda optimalkan dengan penggunaan internet atau “mengadopsi” tehnik-tehnik bisnis online.

Bisnis online memang mengerikan…!! Dengan budget hanya 2% dari cara beriklan secara konvensional , hasil yang didapat malah 200% lebih..  Tentu ini belum tentu cocok untuk semua usaha atau bisnis, namun jika Anda cukup jeli membidik siapa target market Anda, manfaatnya sangat dahsyat. Saat ini penetrasi “online” sudah sangat meluas di semua kalangan masyarakat…. Malah kita tahu handphone yang seharga di bawah Rp. 1 jt saja sudah bisa mengakses facebook. Staff junior sampai dengan office boy sudah “terampil” ber facebook ria jaman sekarang. Kabar terakhir pengguna facebook di Indonesia sudah mencapat 6 juta orang.  Evaluasi ulang strategi promosi Anda, Anda akan bisa mendapatkan lebih dengan dana yang jauh… jauh lebih kecil.

3 Comments »

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.